√ Kalahnya Blogger Indie Dengan Website Besar! - Gylang Satria Yudha

Kalahnya Blogger Indie Dengan Website Besar!



Sama seperti banyak blogger lainnya, saya merupakan salah satu Blogger yang sudah lama menulis di platform ini, meskipun sudah berkali ganti domain dan nama blog, jika dikalkulasikan sudah lebih dari 10 tahun saya menapaki jejak ini. 


Nah akhir akhir ini kamu mungkin melihat bahwa saya jarang sekali memposting artikel baru baik di Blog ini, ataupun di Blog Sayugi, kenapa? mungkin alasannya sama seperti para blogger lain, karena kita kalah dengan Website besar seperti Kompas, Tempo dan lainnya yang kini sudah mulai menjelajah ke area yang dulu digarap blogger indie seperti kita. 


Misalkan seperti tutorial, tips and trik, dan lainnya, bahkan sekelas bola.com kini membuat artikel Cara mematikan komputer, yang notabenenya tidak sesuai dengan tema dari website tersebut. 





Selain itu, tentu kami kalah karena website besar menerapkan banyak sekali teknik SEO yang Powerfull, bahkan tentu pasti ada bagian tertentu dalam perusahaan tersebut yang mengatur dan bergerak khusus untuk meningkatkan performa Website mereka. 


Jika dibandingkan dengan kami yang blogger indie ini, yang mana memang bergerak sendiri, hal tersebut sangat sulit sekali, karena kita tidak bergerak dalam tim, maka mulai dari research, penulisan artikel, maintenance, seo optimizations and research kita harus lakukan sendiri. 

Sejujurnya saya ingin menyerah, makanya saya jarang posting di blog ini dan blogsayugi, dan lebih fokus menulis di website WinPoin yang notabenenya setara dengan Website besar yang berfokus membahas perkembangan teknologi, produk dan layanan Microsoft. 

Namun bagaimanapun, kita sebagai blogger harus tetap berjuang dalam membuat konten, meskipun tidak mendapat bayaran, namun ada cukup banyak pembaca yang merasa terbantu dengan tulisan kita, mungkin ide dari konten kita akan di salin oleh situs besar tanpa mencantumkan referensi, meskipun begitu, kita harus bersabar karena memang jaman telah berubah, dan dalam perubahan, tentu masih banyak pembaca setia yang terus mengikuti kita bagaimanapun kondisinya. 

Terima kasih pada rekan rekan yang tergabung dalam blog partner Blog Sayugi, beberapa diantaranya mungkin sudah mulai berhenti membuat konten, sejak tahun 2021 kemarin, namun mari kita tetap berjuang, tetap berkarya dan tetap meramaikan dunia maya dengan tulisan dan ide kita. 

Salam blogger. 

Get notifications from this blog