√ Saya Bikin Blog Ini, Kenapa? - Gylang Satria Yudha

Saya Bikin Blog Ini, Kenapa?


Halo semuanya, perkenalkan nama saya adalah Gylang Satria Yudha, seperti yang sudah sebagian orang tahu, saya berprofesi sebagai seorang penulis dan blogger di Windows Portal Indonesia dan Blog Sayugi, namun karena Blog Sayugi yang awalnya saya khususkan untuk berbagi curhatan saya malah fokus pada tutorial dan teknologi, maka dengan itu akhirnya saya membuat blog ini. 



Alasan Bikin Blog Baru


Sebenarnya seperti yang sudah saya tulis diatas, alasan utama saya membuat blog ini adalah karena Blog Sayugi yang awalnya saya khususkan untuk berbagi curhatan saya malah lebih fokus pada tutorial dan teknologi. Selain itu tidak ada alasan khusus dan alasan lain akan pembuatan blog baru ini. 



Masih Nulis di WinPoin dan Blog Sayugi


Meskipun dengan hadirnya blog yang cukup cantik dengan banyak warna dan tampilan yang cukup simple tanpa iklan ini, tentu saya masih akan tetap menulis di kedua situs tersebut baik WinPoin atau Blog Sayugi, karena bisa dibilang keduanya merupakan area dan tempat utama dimana saya bekerja sebagai seorang blogger. 



Fokus Utama Blog Ini


Pada dasarnya blog ini saya buat sebagai tempat saya curhat dan mengeluarkan opini, mungkin saya akan curhat mengenai teknologi, perkuliahan, atau masalah lainnya, ya meskipun bisa dibilang blog ini malah kehilangan fokus dan malah jadi konten gado gado, tetapi jangan khawatir karena tentu konten disini akan berbeda dari yang lain. So stay tune guys. 



Blog Engine, Comment System, dan Pembangunan Awal 


Sama seperti biasa, blog ini masih menggunakan blog engine favorit saya yaitu Blogger, dimana selain gratis, servernya jarang down, selain itu saya sudah terbiasa user interface, metode penulisan dan hal lainnya di blogger, sehingga saya tidak lagi memerlukan penyesuaian. Sedangkan untuk Comment System, saya masih menggunakan Disqus, pada dasarnya default dari comment system ini adalah comment system bawaan blogger, namun karena saya rasa disqus lebih baik dalam pengelolaan spam, dan hal lainnya, maka dengan itu disqus menjadi opsi dan pilihan utama saya untuk menggantikan comment system bawaan. 

Dari segi pembangunan, selain membuat blog dengan domain awal gylangsatria.blogspot.com, saya sudah membeli template blogger premium Minisite Pro Responsive yang kini saya gunakan, alasan saya memilih template ini adalah karena desainnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tampilan utama blog personal seperti ini, berbeda dengan VioMagz yang saya gunakan di Blog Sayugi yang memang bertujuan dan dikhususkan untuk blog komersial. 



Selain itu yang paling penting adalah domain, kali ini saya memilih domain dengan nama saya sendiri dan kebetulan domain gylang.my.id belum ada menggunakan, salah satu alasan saya memilih domain my.id adalah selain murah, konteks my.id berdasarkan halaman penjelasan IDwebhost adalah lebih ke blog personal, dan itu cocok sekali dengan blog yang saya kembangkan ini. 



Untuk logo, saya menggunakan face avatar yang saya ambil dari halaman icon archive, awalnya saya mengubah sedikit bagian warna dan beberapa bagian lainnya, namun karena itu malah melanggar lisensi, akhirnya saya menggunakan icon default nya saja. 

Setelah beberapa jam pengaturan, blog ini sempat mengalami status maintenance untuk pergantian domain, namun tidak lebih dari tiga jam setelah domain dipasangkan, akhirnya kini blog ini sudah dapat diakses melalui domain gylang.my.id, waktu pembuatan blog ini bisa dibilang tidak terlalu lama, kurang lebih hanya 5 jam sejak saya memulai membuat blog di blogger sampai domain dapat digunakan. 

Nah itu saja mungkin beberapa penjelasan saya mengenai kenapa saya membuat blog baru lagi, penjelasan lain mungkin akan saya tambahkan di artikel selanjutnya, selain itu beberapa halaman utama sudah saya tambahkan juga, kamu bisa mengunjungi halaman about yang secara khusus membahas saya pribadi, halaman blog yang akan langsung diarahkan ke Blog Sayugi, dan halaman Portofolio mengenai riwayat pendidikan dan pekerjaan saya didunia ini. 

Akhir kata, demikian pesan dan artikel pembuka ini, Terima kasih dan Selamat Datang di Blog baru saya ini. 

Get notifications from this blog