√ Memberantas Komentar Spam Dengan Disqus Comment - Gylang Satria Yudha

Memberantas Komentar Spam Dengan Disqus Comment



Seperti yang kamu tahu, baik di Blog ini atau di Blog Sayugi, saya menerapkan Disqus sebagai comment system blog, hal ini bukan tanpa maksud, namun memang memiliki tujuan khusus yang bermanfaat. 

Salah satu tujuan saya menerapkan Disqus adalah untuk memberantas komentar Spam yang saat ini makin marak masuk ke Blogger Comment, dan kebanyakan komentar tersebut bersifat judi, porno dan hal negative lainnya. 


Nah contohnya seperti pada gambar diatas, itu adalah secuil cuplikan komentar yang ada di blog ini, dimana jika saya tidak menggunakan disqus, maka blog ini akan menampilkan banyak sekali komentar yang tidak relevan, mulai dari komentar penawaran situs judi, dan hal lainnya. 

Mengenai Disqus, sebenarnya saya sudah menuliskan alasan kenapa kenapa blogger harus menggunakan Disqus sebagai comment system-nya yang mana artikel tersebut sudah bisa kamu baca pada halaman berikut

Jika kita rangkum kembali, ada beberapa kelebihan ketika kita menggunakan Disqus, mulai dari Keamanan, Pemantauan, Terintegrasi dan bahkan tampilannya lebih Modern. Jika kita detailkan berdasarkan poin tersebut, Keamanan tentu karena menurut saya Disqus ini lebih aman, karena setiap kali kita akan memberikan komentar, kita wajib memiliki akun Disqus terlebih dahulu, memang sih kita sendiri bisa mengatur agar pengguna bisa berkomentar secara anonim, namun tentu sekali lagi itu tergantung dengan kemauan kita. 

Selain itu, Pemantauan sendiri sangat mudah, karena semuanya terintegrasi, misalkan ketika saya sedang melihat komentar di WinPoin, saya bisa melihat komentar yang masuk di Blog ini juga, karena sekali lagi semuanya terintegrasi dalam satu akun yang sama. 

Dan yang pasti, terakhir adalah Modern, meskipun Google sendiri menyediakan form komentar di platform blogger, namun karena sering dimanfaatkan untuk spam, maka saya rasa ke modernan Google dalam memberikan proteksi Spam di platform ini kurang baik, sehingga Disqus menjadi salah satu alternatif terbaik. 

Nah jika kamu penasaran mengenai Cara Pasang Disqus di Blogger, kamu bisa langsung saja meluncur ke Tutorial yang telah saya buat pada halaman berikut

Get notifications from this blog