√ Layout Artikel Blog Mending Rata Kiri atau Rata Kiri Kanan? - Gylang Satria Yudha

Layout Artikel Blog Mending Rata Kiri atau Rata Kiri Kanan?


Dalam menulis sebuah artikel di blog pastinya hal yang membuat penulis kebingungan adalah bagaimana layout artikel ditampilkan, apakah itu rata kiri, atau rata kiri kanan. Terkait hal itu jika kita perhatikan banyak website besar menggunakan standar rata kiri dalam layouting mereka, namun tidak sedikit juga blogger terkenal yang menggunakan layout rata kiri kanan. 


Sebagai contoh, website Windows Portal Indonesia menggunakan layout rata kiri dalam setiap artikel yang dipublikasikannya, hal tersebut setahu saya adalah karena memang tidak disediakannya opsi rata kiri kanan pada bagian halaman penulisan, jika kamu pernah menggunakan wordpress, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan hal ini dimana jika kamu perhatikan layout hanya disediakan tiga pilihan, penulisan rata kiri (align text left), tengah (center), atau rata kanan (align text right). 



Selain itu blog besar ternama seperti Blog Windows dari Microsoft sendiri menggunakan struktur rata kiri dalam setiap artikel mereka, dan hal tersebut memang mungkin karena masalah yang sama atau karena ketika menulis artikel dengan format rata kiri kanan, pengguna harus melakukan konfigurasi manual terlebih dahulu, sehingga dengan itu banyak penulis yang lebih memilih format rata kiri untuk kesan lebih sederhana dan lebih cepat. 




Lalu Manakah Yang Paling Benar dan Paling Direkomendasikan?


Menurut saya baik itu rata kiri atau rata kiri kanan, keduanya tidak terlalu berpengaruh pada SEO, meskipun berpengaruh pengaruhnya tentu tidak akan banyak, jadi baik itu kamu menggunakan rata kiri atau rata kiri kanan harusnya bukanlah menjadi masalah. Namun yang menjadi masalah adalah ketika muncul ketidak konsistenan dalam tulisan, misalkan artikel satu menggunakan rata kiri kanan, sedangkan artikel dua menggunakan rata kiri. Bahkan yang lebih buruk lagi adalah jika dalam satu artikel ada dua layout yang berbeda. 


Kenapa Harus Menggunakan Rata Kiri?


Menjawab pertanyaan tersebut, menurut saya adalah masalah kecepatan dengan proses yang lebih simple jika kamu menggunakan layout rata kiri, kenapa?, karena dengan rata kiri, kamu tidak perlu lagi mengatur apapun, tidak perlu lagi mengubah apapun dan semuanya tinggal tulis, check typo, review dan publish, berbeda dengan menggunakan layout rata kiri kanan, dimana kamu harus memperhatikan setiap baris apakah memiliki kesesuaian atau tidak, terkadang dalam beberapa kondisi ada jarak antara huruf yang cukup mengesalkan. 

Namun selain itu tentu saja dengan gaya penulisan rata kiri, ada juga kekurangannya, yang mana menurut saya adalah tulisan menjadi terlihat kurang rapi dan terkesan berantakan, meskipun tidak terlalu berpengaruh jika tulisan yang dibuat cukup pendek, namun jika tulisan yang dibuat itu panjang, tentu kerapihan adalah hal yang harus diperhatikan. 

Kenapa Harus Menggunakan Rata Kiri Kanan?


Sebaliknya dengan pertanyaan sebelumnya, kenapa harus menggunakan rata kiri kanan?, menurut saya tentu adalah untuk membuat tulisan lebih rapi dan terlihat tidak berantakan, sejak saya menulis di blogger, termasuk di Blog Sayugi yang juga saya kembangkan, saya selalu menggunakan rata kiri kanan pada semua artikel yang saya tulis disana, karena memang saya ingin membuat tulisan saya terlihat rapi dan enak untuk dibaca. 


Sedangkan untuk kekurangannya sendiri tentu adalah masalah kecepatan yang mana kita harus benar benar memperhatikan setiap barisnya, jika ada yang terlewat dan kurang saja satu alenia yang tidak menggunakan layout rata kiri kanan, tentu tampilan akan menjadi kurang enak dan tampak berantakan, selain itu kadang dalam beberapa kondisi kita akan menemukan berbagai masalah seperti ada jarak antara huruf dan hal lainnya yang mana kita bahkan harus melakukan pengecekan melalui tampilan html hanya untuk memastikan tidak adanya formating yang menjadi sumber kesalahan. 

Selain Blog Sayugi yang saya kembangkan, ada satu blogger terkenal yang juga menggunakan layout rata kiri kanan, dialah Adventurose, salah satu blogger yang menjadi idola saya. 


Jadi Mending Yang Mana Dong?


Sekali lagi itu semua tergantung keputusan si penulis itu sendiri, karena baik menggunakan rata kiri atau rata kiri kanan, keduanya bukanlah sebuah kesalahan, kamu tinggal memutuskan sendiri mau menggunakan yang mana. jika menggunakan rata kiri, kamu harus tetap konsisten dengan penulisan tersebut kedepannya, sama halnya dengan rata kiri kanan, hal itu karena agar tulisan dalam blog yang dibuat memiliki konsistensi yang baik. 


Penutup


Untuk saat ini sampai kedepannya saya masih akan tetap menggunakan gaya penulisan rata kiri kanan, namun tentu itu adalah pilihan saya, sedangkan untuk kamu, itu tergantung dengan pilihan kamu sendiri, karena baik sudut pandang, gaya penulisan dan pola pikir setiap orang pasti berbeda, dan sekali lagi baik rata kiri atau rata kiri kanan keduanya bukanlah sebuah masalah, ada kelebihan dan kekurangan yang menjadi ciri khasnya masing masing. 

Nah itulah sedikit pembahasan sederhana mengenai menentukan bagaimana layout artikel blog ditampilkan, manakah yang kamu suka? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah. 

Get notifications from this blog