√ Investigasi SMS SPAM Berisi Penipuan - Gylang Satria Yudha

Investigasi SMS SPAM Berisi Penipuan


Sudah sering saya mendapati banyak sekali pesan SMS yang berisi pemberitahuan bahwa saya telah menang hadiah, Orang Tua dan Anak saya masuk penjara, kontrakan belum dibayar, atau hal lain yang cukup absurd bagi saya sendiri. 



Sebagai contoh, disini saya akan menunjukkan pesan seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas, dimana katanya saya mendapatkan sebuah hadiah cek tunai dengan kode "KBR99D7". 
Surat keputusan resmi dari PT.LAZADA 11:11, Anda mdptkan cek Tunai Kode ID (KBR99D7) Info lengkap klik: tinyurl.com/gebyar-lazada11 

Dan sebagai bagian dari seri Investigasi kali ini, mari kita buktikan bahwa pesan seperti ini adalah pesan yang tidak bermanfaat untuk diperhatikan atau bahkan harus dihiraukan. 


Mengetahui Dari Mana Mereka Mendapatkan Nomer Pengguna


Salah satu media dimana orang lain dapat mengetahui informasi nomer pengguna adalah kebocoran data yang biasanya terjadi dibeberapa market place besar, sebut saja Tokopedia yang pernah mendapati kasus Bocornya 91 Juta data pengguna pada awal tahun 2020 ini. 

Sumber : Kompas

Dimana dengan itu pada beberapa forum dark web biasanya data yang bocor tersebut dapat diperjualbelikan untuk kepentingan khusus yang memang bisa mendatangkan uang, sebut saja penipuan. 

Sumber : Ajaib

Sumber : Detik



Selain itu ada berbagai hal lain yang bisa menyebabkan informasi dan nomer pengguna dapat tersebar luas, seperti mengisi form unknown yang tidak dipercaya, mengunjungi website yang berbahaya, melamar pekerjaan yang juga kurang dapat dipercaya bisa menjadi penyebab informasi dan data pengguna tersebar. 

Hati Hati Terhadap Lowongan Kerja Palsu

Salah satu kawan saya ketika lulus kuliah satu tahun lalu mencoba melamar pada beberapa lowongan kerja yang tersedia di Facebook, dia mengisi berbagai form, mengirimkan berbagai data baik secara online ataupun offline, lalu apa yang dia dapatkan? panggilan interview atau informasi lain mengenai pekerjaan tidak ada, namun SMS penipuan makin banyak menghampirinya. 

Jadi saya harap kamu berhati hati dalam mengirimkan data apapun ke siapapun itu orang atau perusahaannya, terlebih jika itu sudah berhubungan dengan dunia maya. 


Proses Investigasi Untuk Buktikan SMS Spam Adalah Penipuan


Hampir seluruh SMS Spam ada adalah penipuan, entah itu pinjaman online dengan Bunga gila gilaan, atau SMS hadiah seperti yang akan saya contohkan dalam kasus ini. Sebagai contoh seperti pada pesan terakhir yang saya terima, pada SMS tersebut menyediakan sebuah shorturl tinyurl.com/gebyar-lazada11, yang mana shorturl akan menjadi bukti bahwa SMS yang diterima adalah sebuah penipuan. 

Investigasi ini saya mulai dengan melakukan klik pada shorturl yang tersedia, dan ketika kita diarahkan ke halaman web penyedia hadiah, kita akan diarahkan pada halaman blogspot dengan url https://gebyar-lazada08.blogspot.com/


Bahkan dengan melihat halaman dan url web sendiri dari sini kita sudah dapat memastikan bahwa SMS tersebut adalah penipuan, kenapa?, karena ada beberapa faktor penentu disini, sebut saja Url gratisan, informasi halaman website yang tidak jelas, informasi dan gambar yang disediakan tidak valid dan sebagainya. 

Selain itu jika diperhatikan bahwa beberapa foto unggahan adalah data dan foto palsu yang tidak valid keasliannya. 


Untuk membuktikan, silahkan kamu lihat pada surat keterangan yang dapat kamu lihat diatas, dimana disana beberapa kata yang dicantumkan dan ditulis bahkan tidak sesuai dengan ejahan yang disempurnakan, serta tidak sesuai dengan format penyuratan resmi dari pihak Kepolisian Republik Indonesia. 


Berdasarkan hasil investigasi singkat ini, dapat dipastikan seluruh hal mengenai hadiah yang mengatasnamakan Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shoppee dan ecommerce lainnya adalah penipuan jika tidak secara langsung diumumkan dari situs resmi ecommerce itu sendiri. 

Dengan informasi dari investigasi ini, saya berharap kamu untuk tidak terperdaya oleh hadiah "omong kosong" tersebut, jangan pernah melakukan transfer sejumlah uang kepihak manapun yang tidak dapat dipercaya. 

Lalu apakah ada hadiah yang resmi dari Ecommerce itu sendiri?

Ada, namun bukan dari situs diluar ecommerce itu sendiri, misalkan jika hadiah dari Lazada maka situs yang harus diakses adalah www.lazada.co.id, sama halnya dengan Tokopedia, Shoppee dan lainnya. 

"Semua konten dan kuis yang kami adakan hanya dilakukan dan diumumkan pada akun resmi Lazada Indonesia, serta media online, cetak, radio dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia," ungkap CMO Lazada Indonesia, Monika Rudijono, dalam keterangan resminya, Jumat (8/3/2019) seperti dilansir dari Liputan6.


Pintar Dalam Mengolah Informasi


Setiap pengguna digital ada baiknya untuk pintar dalam mengolah dan memilah informasi yang mereka dapatkan, dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu, melakukan investigasi terlebih dahulu, serta untuk tidak menyebarkan berita kebohongan yang tidak valid kebenarannya. 

Karena jika tidak, maka setiap pengguna baik sadar atau tidak sadar, dapat terjerat hukum dibawah UUD ITE Pasal 28 ayat 1 tentang penyebaran kebohongan atau hoax.

"Bagi penyebar hoax, dapat diancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE (UU ITE) yang menyatakan “Setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik yang Dapat diancam pidana berdasarkan Pasal 45A ayat (1) UU 19/2016, yaitu dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar."

Salah satunya adalah penyebaran berita bohong berupa SMS Spam ini, jika identitas pelaku telah diketahui, maka dia dapat diberikan sanksi berlapis, yaitu penyebaran hoax dan pencemaran nama baik dari sebuah perusahaan itu sendiri. 

Jika kamu menemukan identitas dari pelaku, silahkan kamu screenshot bukti, identitas pelaku, url dan pelengkap lain selanjutnya silahkan kirimkan ke aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Sekali lagi, meskipun investigasi ini cukup singkat dengan menampilkan satu contoh saja, namun hampir kebanyakan metode penipuan adalah sama, dengan menunjukan shorturl yang berujuk pada blogspot, serta berisi berbagai informasi yang tidak valid dan tidak sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Selain itu sama halnya dengan SMS Pinjaman, jangan sekali kali kamu melakukan pinjaman online melalui SMS yang kamu dapatkan, karena bunga yang diberikan bisa saja berlipat dan sangat tidak sesuai dengan hukum negara dan agama. 

Terima kasih, sekian dari artikel investigasi ini, mohon maaf jika ada kesalahan dalam bentuk apapun, semoga bermanfaat. 

Get notifications from this blog